Sabtu, 07 Januari 2012

KAMPUS-KAMPUS PENGGIAT ANTIKORUPSI

1.   UNIVERSITAS PARAMADINA, JAKARTA.
Kampus ini mungkin yang pertama membuat kurikulum antikorupsi. Semua mahasiswa Universitas Paramadina wajib mengambil mata kuliah tersebut. Kurikulum baru tersebut mulai berjalan pada Juni 2008. 

2.   UNIVERSITAS INDONESIA (UI).
Kampus terbesar di Indonesia ini telah memiliki mata kuliah sosiologi korupsi. Mata kuliah ini memberi pemahaman mengenai korupsi sebagai masalah sosial. Lingkup pembahasan meliputi pendekatan, studi komparatif korupsi di Asia, dan “gerakan” korupsi di Indonesia.

3.   INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (ITB), Bandung, Jawa Barat.
Mata kuliah antikorupsi dijadikan sebagai mata kuliah pilihan, bukan mata kuliah penuh. Menariknya, mata kuliah pilihan ini tidak diujikan, tetapi mahasiswa harus dapat mengerjakan tugas berupa penyusunan penelitian terkait dengan korupsi. 

4.   UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM), Yogyakarta.
Di sini ada Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat). Ini adalah lembaga di Fakultas Hukum yang peduli dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu hukum dan penanggulangan serta pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia.

5.   SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA (STAN).
Kampus di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, ini pernah menggelar Kuliah Akbar Anti Korupsi oleh Spesialisasi Anti Korupsi (SPEAK) pada Januari 2011 lalu. Konsep acara ini adalah training penanaman integritas antikorupsi, berbeda dengan kuliah akbar sebelumnya yang mengusung konsep seminar. 

6.   UNIVERSITAS PANCA BHAKTI (UPB), Pontianak, Kalimantan Timur.
Kampus ini menerapkan pendidikan integritas tentang korupsi. Pendidikan integritas adalah pendidikan yang mengedepankan pembangunan karakter. 

7.   SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN), Tulungagung, Jawa Timur.
Pendidikan antikorupsi akan dimasukkan menjadi salah satu mata kuliah wajib. Tekadnya, kampus ini akan menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Tulungagung yang memiliki visi untuk membangun generasi yang bermental antikorupsi.

8.   IT TELKOM
Kampus ini pernah menggelar Seminar Anti Korupsi yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IT Telkom. Seminar yang mengusung tema “Harmoni Pemuda, Hentakan Bersama untuk Indonesia” itu menghadirkan pejabat KPK dan beberapa tokoh lintas agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar