Minggu, 02 Oktober 2011

2. BAHASA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI



Bahasa adalah alat komunikasi untuk kita berinteraksi dengan manusia lainnya. Tanpa bahasa tidak mungkin kita dapat berinteraksi, karena bahasa adalah sumber untuk terciptanya interaksi manusia dengan yang lainnya. Bahasa di dunia ini sangat banyak, rata-rata setipa negara memiliki bahasa yang berbeda-beda meskipun ada yang sama tetapi tidak banyak dan tidak sepenuhnya sama pengucapannya, seperti contoh bahsa inggris ada yang UK dan USA setelah didengar, cara pengucapannya pun sangat berbeda.
Bahasa bukan saja berbeda disetiap negara, bahkan dalam satu negara pun terdapat banyak bahasa dari daerah atau wilayah masing-masing, jadi kita menyebutnya sebagai bahasa daerah. Seperti contoh negara kita ini Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Indonesia memiliki banyak budaya dan bahasa daerah yang berbeda-beda, seperti contoh bahasa dari suku batak berbeda dengan suku minangkabau, jawa, ambon, manado, papua, dan lain-lain, sehingga banyak sekali bahasa yang terdapat dalam dunia ini.
Bahasa tidak juga diciptakan buat interaksi mamusia dengan manusia saja, ada juga bahasa diciptakan untuk menjadi media anatara manusia dengan hewan, jadi kita menyebutnya bahasa hewan, dan hewan pun dapat mengerti, meskipun hewan tidak mempunyai akal untuk mengerti sepenuhnya bahasa yang kita ucapkan, tetapi hewan memiliki insting untuk bisa mengerti bahasa yang kita ucapkan kepada hewan tersebut. Mungkin yang paling banyak kita jumpai adalah interaksi antara manusia dengan hewan peliharaannya seperti, kucing, anjing dan sebagainya. Contoh bahasa yang digunakan manusia untuk bisa berinteraksi dengan kucing dengan panggilan "meong" atau "guk-guk" pada hewan anjing.
Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa Indonesia yang baku, bukan bahasa gaul yang sering kita ucapkan sehari-hari. Bahasa Indonesia yang baku terdapat kosakata bahasa yang baik dan sopan. Bahasa Indonesia yang baku sangat berbeda dengan bahasa gaul.

Jadi gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena dengan kita menggunakan bahasa Indonesia secara baik, kita berarti sopan dalam bertutur kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar